Tips
& trik tentang penggunaan MS.world..
1.Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
Unsure-unsur utama layar ms. World:
1.judul
windows
Baris Judul
Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah
adalah Document1, Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window
terdapat button minimize,maximizedan menutup aplikasi word.
2office
buton di gunakan untuk:
-membuat file baru
-membuka file
Menyimpan file
-mencetak
-Keluar dari world
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan
untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar.
3customize
quick access toolbar
Digunakan untuk
menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh
jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada
taskbar. Sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk
mempercepat pengerjaan.
4.menu
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
5.toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
6.kursor
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
7.penggulung teks
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung
layar vertical dan horizontal.
8.memasukkan
teks
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung
dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
* Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
* Tekan enter untuk menambah baris kosong.
* Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
* Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
* Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
* Tekan enter untuk menambah baris kosong.
* Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
* Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
9.memperbaiki
teks
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan
titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai
berikut :
9.1menggunakan mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang
anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak
tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan
bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah
(dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.
9.menggunakan keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan
bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
Perpindahan
|
Perintah
|
Satu
karakter ke kiri
|
←
|
Satu
karakter ke kanan
|
→
|
Satu
baris ke atas
|
↑
|
Satu
baris ke bawah
|
↓
|
Ke
akhir baris
|
End
|
Ke
awal baris
|
Home
|
Naik
satu layar
|
Page
Up
|
Ke
bawah satu layar
|
Page
Down
|
Akhir
dokumen
|
Ctrl
+ End
|
Awal
dokumen
|
Ctrl
+ Home
|
10.MenyimpanDokumen
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc
11.MenutupDokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
12.membuka
dokumen
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open,
Word akan menampilkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang
menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan
dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word.
Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibuat tadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar